PENDAPATAN PREMI PADA
PT. ALLIANZ LIFE
PROPOSAL
Diajukan Guna Memenuhi Sebagian Persyaratan
Untuk Menyelesaikan Program S1
Dalam Bidang Akuntansi
Disusun Oleh :
Achmad Rizkiansyah
20207015
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2009
A. Judul Skripsi.
“PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN PREMI PADA PT. ALLIANZ LIFE”.
B. Latar Belakang Masalah.
Pertumbuhan tingkat perekonomian nasional Indonesia pada tahun 2007 cukup baik dengan mulai pulihnya kestabilan makro ekonomi yang menciptakan peluang bagi peningkatan kegiatan ekonomi seperti bertambahnya tingkat lapangan pekerjaan sehingga tingkat pengangguran nasional dapat ditekan dan tingkat inflasi yang terkendali.
Perkembangan premi per jenis asuransi di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat baik dari tahun ke tahun. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan pengaruh yang sangat positif dalam Industri Asuransi secara keseluruhan. Perkembangan di sektor asuransi yang baik di harapkan pula akan mempengaruhi sektor-sektor perekonomian lainnya, sehingga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Pengertian manajemen pemasaran menurut Drs. Siswanto Sutojo, Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, P.T. Pustaka Binaman Pressindo, 1983, pemasaran adalah usaha untuk mengarahkan usaha, dana, dan daya milik perusahaan kearah pemberian kekuasaan kepada para pembeli, dengan maksud agar perusahaan dapat menjual hasil produksi, memperoleh laba dan mencapai tujuan perusahaan yang lain.
C. Perumusan Masalah.
Masalah-masalah penelitian dapat di rumuskan sebagai berikut :
- Bagaimanakah hubungan atau pengaruh antara strategi pemasaran (X) terhadap pendapatan premi (Y) pada PT. Allianz Life?
D. Tujuan Penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuik :
- Untuk mengetahui hubungan antara strategi pemasaran (X) terhadap pendapatan premi (Y) pada PT. Allianz Life.
E. Kegunaan Penelitian.
Kegunaan diadakan penelitian ini adalah :
1. Bagi penulis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, memperluas wawasan dan mengakui secara komperatif antara teori yang ada dengan penerapan sebenarnya di lapangan serta memenuhi sebagian dari syarat-syarat guna menyelesaikan studi program S-1 Akuntansi di UNIVERSITAS GUNADARMA.
2. Bagi perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan bagi PT. Allianz Life agar strategi pemasaran yang dilakukan dapat terus meningkatkan pendapatan premi bagi perusahaan.
3. Bagi masyarakat
F. Sistematika Penulisan.
Sistematika penulisan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara garis besar dalam penyusunan skripsi yang terangkum dalam lima bab, sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Kajian Teori
Bab 3 Metodologi Penelitian
Bab 4 Analisis dan Pembahasan
Bab 5 Kesimpulan dan Saran
G. Tinjauan Teoritis.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan dua metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis untuk mendukung keakuratan penelitian, adalah sebagai berikut :
1. Penelitian Lapangan.
Dalam penelitian lapangan ini penulis melakukan dengan cara wawancara kepada pimpinan dan karyawan pada PT. Allianz.
2. Penelitian Kepustakaan.
H. Hipotesis.
- Ada pengaruh yang signifikan antara strategi pemasaran terhadap pendapatan premi pada PT. Allianz Life
I. Metodologi Penelitian.
1. Populasi.
Menurut Prof. DR. Sugiyono, populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
2. Sampel.
Bagian dari jumlah dan karakterristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Bila jumlah populasi besar dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan dana, tenaga, dan waktu. Maka peneliti dapat menggunakan sample yanmg diambil dari populasi harus benar-benar representatif.
3. Menentukan Ukuran Sampel.
a. Kemampuan penelitian (pengetahuan, dana, waktu).
b. Sempit luasnya wilayah pengamatan dari setiap subyek.
c. Besar kecilnya resiko yang ditanggung peneliti.
4. Definisi Operasional Variabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar